LAND OF BIRTH

Hallo guys kalian tau ga sih apa itu kota bekasi ?

Pasti kalian bingung kan dan jarang banget ada yang tau . kaya apa sih kota bekasi pasti kalian berfikir begitu bukan. Nahh jadi sekarang aku mau kasih tau nih, aku ingin menceritakan tentang keunikan, budaya dan ciri khas kota bekasi itu sendiri. Jadi kota Bekasi itu berada di wilayah Provinsi Jawa Barat. Kota ini menjadi kota terbesar keempat di Indonesia. Kota ini berada dilingkungan megapolitan serta dijuluki kota patriot.

Sebenernya menurut aku, orang bekasi asli itu udah rada hilang karna banyak banget orang merantau dari daerah luar yang datang ke bekasi. Jadi kaya udah susah ngebedain mana yang asli bekasi mana yang bukan. Mungkin jarang ada orang yang bisa membedakannya tapi sebagian ada. Kalau bahasanya bekasi itu unik, percampuran antara bahasa betawi dan bahasa sunda.

Keunikan  kota bekasi itu terkenal dengan kawasan industri. Karena disana ada ribuan pabrik dari luar seperti Eropa , Amerika, Cina, Korea dan sebagainya. Banyak produk makanan,minuman serta alat transportasi yang dibuat disana seperti PT Astra Honda. Pabrik disana bermacam macam, dan rata rata semua di produksi di daerah Bekasi. Bekasi juga menjadi penunjang ekonomi nasional karna disana banyak lowongan pekerjaan yang tersedia untuk masyarakat bekasi maupun rantau.

Daerah tempat Bekasi yang banyak pabrik itu tepatnya di daerah Cikarang seperti kawasan Jababeka, MM 2100, Gobel,Ejib, Orange Country dan masih banyak lagi.

Next kita ke budaya,
 
Kalau budaya di Bekasi itu agak sulit menemukannya karna warga kota ini percampuran antara budaya Sunda dan budaya Betawi. Kebudayaan kota Bekasi lebih dekat dengan kebudayaan Jakarta karna budaya Betawi warga kota Bekasi dengan budaya Betawi Jakarta masih sangat dekat . contohnya di Bekasi ada kesenian Tari Topeng dan kesenian Ujungan.

Nah tari topeng itu apa sih ? Tari Topeng Bekasi biasanya di mainkan di beberapa acara seperti di Perkawinan, Khitanan,serta acara resmi seperti penyambutan tamu , pentas seni dan pemilu. Biasanya tari topeng ini tidak semua itu tarian tetapi didalamnya juga ada lawakan yang bercerita tengan masyarakat kecil. Tari topeng diiringi oleh alat musik tradisional seperti gendang, gong,rebab,kenong tiga dan recek.


Yang kedua ada kesenian Ujungan. Nah kesenian ujungan itu kesenian dengan mumuku betis dan tulang kering, dengan memanfaatkan lull aren. Seorang pemain kujungan cara bermainnya adalah dengan meloncat loncat dan bergaya lucu. Makanya di setiap pementasan biar tidak kena penotong panggungnya dipisahkan.


The last ya itu ciri khas kota bekasi dari kulinernya yang terkenal itu dodol. Makanan iini terbuat dari tepung beras ketan yang di campur gula merah dan kelapa. Yang kedua itu ada sayur asem khas bekasi, bedanya dengan sayur asem yang lain kalau di bekasi itu sayur asemnya lebih terasa asem dibandingkan sayur asem yang di daerah lain. Yang ketiga ada kue basah seperti kue cucur, kue pepe,putu mayang, talam ,kue pisang,lopis, kue cincin, gemblong dan onde-onde.

 Kue cucur

 
                                             Dodol

Gemblong ketan hitam

Comments